Minggu, 17 Mei 2015

Hai,Bontangers!! Ini 3 Cara Jitu Memulai Bisnis UKM

Memulai usaha kecil dapat dimulai dari usia muda, setiap orang dapat menjadi pengusaha, melihat peluang usaha dan memulai usaha kapan pun. Dibutuhkan kreativitas, passion atau gairah dalam berbisnis atau dalam suatu bidang tertentu, serta pengetahuan yang mencukupi untuk memulai suatu bisnis. Semua jenis bisnis tidak harus selalu tentang menanamkan banyak modal atau uang. Anda dapat memikirkan sebuah konsep usaha yang ingin Anda dirikan dan memikirkan isi proposal yang menarik. Nah, jika Anda pemuda-pemudi tertarik untuk memulai bisnis kecil dengan modal terbatas, perhatikan dan terapkan hal-hal berikut ini sebelum mulai mengembangkan ide.

1. Temukan Kegemaran yang Spesifik
Kita dapat menyebutnya sebagai passion atau kesukaan serta hobi yang jika dikembangkan dapat memiliki nilai jual. Menemukan hal ini sangatlah penting karena dengan memiliki hobi atau kesukaan tertentu membuat Anda memiliki pengetahuan yang baik dalam bidang tersebut. Dan pengetahuan yang baik merupakan modal dalam membuka usaha. Kebanyakan perusahaan besar yang dulunya hanya dimulai dari industri rumah kecil-kecilan berawal dari sebuah kegemaran yang ditekuni. Kegemaran juga akan membantu Anda untuk menjadi lebih konsisten.

2. Buat Usaha Baru yang Belum Pernah Ada
Menemukan ide akan cukup sulit kecuali bila ide tersebut lewat di depan Anda. Selain itu Anda dapat memanfaatkan teknologi internet atau media lain untuk melihat-lihat potensi sumber daya yang dapat Anda kembangkan sebagai bisnis. Meski baru dan berbeda terkadang tak semuanya bisa jadi unik dan menarik. Selalu perhatikan kebutuhan pasar, dan pastikan produk Anda memiliki nilai jual yang baik.

3. Buat Usaha Populer jadi Berbeda
Jika Anda bukanlah tipe orang yang memiliki hobi atau pengetahuan pada hal tertentu, tak jadi masalah. Anda masih tetap dapat membuka usaha. Tak harus selalu dengan ide berbeda. Anda dapat mengadopsi usaha populer seperti jual beli baju, atau usaha makanan kecil, dsb. Tapi ingatlah untuk membuat produk menjadi berbeda dan memiliki nilai tersendiri. Anda dapat memulai dari kualitas atau kuantitas barang yang berbeda dari produsen lainnya.(vaa/-ciputraentrepreneurship-)