Sabtu, 06 Juni 2015

7 Tips Liburan Ke Luar Kota Dengan Nyaman Dan Aman By : @Prischalia #SafeTravelling

image : travel64.com
Sebagian besar orang menganggap travelling tidak terlalu penting, tetapi sebagian lagi beranggapan bahwa travelling merupakan setengah dari bagian hidupnya. Ada kalanya beberapa orang melakukan travelling karena tuntutan pekerjaan seperti melakukan perjalanan dinas maupun sekedar hobby untuk liburan. Kenyataannya seorang pecinta travelling akan selalu memberi warna baru dalam hidupnya, mereka berani bermimpi lebih tinggi serta mampu menghargai setiap detik dalam hidupnya. Tetapi jangan lupa jika Anda pecinta travelling keluar kota untuk selalu berhati-hati dalam hal makanan dan perhatikan tips-tips sehat dalam menjalani liburan.

1. Manajemen stress

Stress dan kelelahan dipengaruhi oleh ketidakcukupan jam tidur selama perjalanan, hal ini mengakibatkan turunnya produktivitas seseorang. Pastikan Anda cukup istirahat selama liburan ke luar kota.

2. Pemilihan makanan dan minuman

Pilihlah makanan dan minuman yang bergizi dan aman agar Anda terhindar dari keracunan makanan. Batasi makanan yang digoreng, pilihlah makanan yang dipanggang atau direbus karena orang yang melakukan travelling selama >14 hari kadar kolesterolnya cenderung naik. Sajian sayur dan buah pastikan selalu ada setiap makan untuk menetralisir asupan lemak yang berlebihan serta pilihlah makanan tinggi serat (sereal, roti gandum) untuk membuat anda kenyang lebih lama sehingga tidak perlu banyak ngemil. Konsumsi makanan yang tidak tepat seperti snack tinggi lemak dan rendah serat dapat meningkatkan risiko kegemukan. Jangan lupa untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda dengan membawa botol berisi air saat travelling agar Anda terhindar dari dehidrasi.

3. Aktivitas fisik

Rencanakan olahraga yang ringan dan praktis selama 20-30 menit per hari agar tubuh tetap fit selama travelling. Lompat tali dan push up sebanyak 10-15 kali bisa menjadi pilihan olahraga praktis dan mudah. Selain itu, berlari maupun jogging bisa menjadi pilihan olahraga yang bisa Anda lakukan sebelum memulai aktivitas.

4. Bahaya penularan penyakit

Berhati-hatilah jika Anda hobby travelling keluar kota karena risiko tertular penyakit malaria, typhoid, demam dengue dan hepatitis sangat besar. Pastikan Anda mendapatkan informasi kesehatan sebelum berangkat menuju kota tujuan. Sebelum berangkat lakukan konsultasi medis dengan dokter untuk mengantisipasi risiko tertularnya penyakit selama perjalanan. Jangan lupa setelah melakukan perjalanan pastikan Anda tetap berkonsultasi karena virus atau bakteri bisa dalam keadaan non aktif yang bisa menyerang dikemudian hari.

5. Rencanakan barang bawaan sebelum perjalanan

Barang bawaan yang terorganisir serta daftar barang bawaan yang lengkap dapat mempermudah menjalani aktivitas travelling Anda. Anda perlu membawa bekal makanan dan minuman sehat selama perjalanan ke luar kota. Membawa botol berisi air minum kemanapun Anda pergi agar tidak merasa kesulitan memenuhi kebutuhan cairan sepanjang hari serta menghindari dehidrasi

6. Vaksinasi

Dapatkan vaksin untuk membantu pencegahan penyakit dan agar tetap aman dari virus / bakteri selama liburan. Berkonsultasi dengan dokter dan mintalah vaksin dan obat yang diperlukan sesuai kota / Negara liburan tujuan Anda.

7. Perlindungan diri

Gunakan pakaian yang aman dan terlindung. Risiko terkena kanker kulit harus diwaspadai ketika para traveler berada di area dengan sinar matahari yang panas. Jaga kaki agar tetap bersih dan kering, usahakan tetap memakai alas kaki untuk mencegah infeksi jamur dan parasit dari kotoran hewan. Suhu lokasi liburan yang dingin sangat berbahaya bagi kesehatan. Gunakan pakaian yang tebal, sarung tangan, sepatu dan kaos kaki jika mengunjungi daerah yang dingin.

Saat musim liburan tiba, sebelum Anda melakukan liburan ke luar kota jangan lupa cek status kesehatan anggota keluarga yang rentan seperti bayi, anak kecil dan ibu hamil. Waspadalah terhadap ibu hamil, karena mereka berisiko 10x lebih besar terkena keracunan makanan dari bakteri listeria. Perhatikan kesehatan selama liburan, jangan mencoba sesuatu yang membahayakan kesehatan dan keselamatan.

Inilah tujuh tips yang perlu Anda perhatikan ketika melakukan liburan atau perjalanan keluar kota. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.


Tentang Penulis!
Penulis :  Prischalia Rahfidhanita
Twiiter : @prischalia
Facebook : Prischalia Rahfidhanita

 Artikel ini pertama kali kami muat di Laman Bontang.me dan di publish ulang di sini

Anda Juga dapat mengirimkan tulisan Baik itu Tulisan Berita Sekitar Bontang,m Lowongan Kerja, Share Tips Kesehatan dan Wisata ataupun segala macam bentuk artikel sesuai passion yang anda miliki dengan cara menririm Email Artikel Ke BontangMedia@Gmail.com atau ke Admin@bontang.co.

JAngan lupa Follow kami di Twitter : @BontangMedia atau Facebook Kami Di Kota Bontang