Minggu, 31 Mei 2015

Sop Ular Di Depot Harmoni Samarinda Miliki Khasiat Rahasia... Mau?

Kuliner ekstrem di Kota Samarinda masih terbilang langka. Tetapi jika Anda ingin mencicipi jenis daging Buaya dan Ular, tidak sulit mencarinya.

Depot Harmoni menyajikan menu daging sate Buaya dan sop Ular. Menu kuliner ini disajikan untuk pelanggan yang membutuhkan asupan daging jenis hewan reptil yang dinilai memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Depot Harmoni berada di tengah Kota Samarinda, dihimpit Mall Samarinda Centra Plaza (SCP) dan Toko Dewi Sport dan Swiss Bell Hotel Samarinda.

Tepatnya di Jalan Mulawarman No 33 Kelurahan Pelabuhan, Kecamatan Samarinda Kota, Provinsi Kaltim, tepat diseberang kantor cabang Bank Mandiri.

Melisa, pemilik Dépôt Harmoni sudah menjajakan menu makanan khas oriental seperti capcay, nasi goreng Hongkong, dan menu daging Buaya dan Ular, sejak tahun 1985.

Meski memiliki tempat tidak begitu luas sekitar 3 meter dengan panjang 7 meter, menu kuliner ekstrem banyak diburu pelanggan tetapnya.

Sop Ular di Depot Harmoni, Jalan Mulawarman No 33, Kelurahan Pelabuhan, Kecamatan samarinda Kota, Kaltim. (Tribun Kaltim/Budhi Hartono)

Menu ekstrem sate daging Buaya dan sop Ular, selalu laris. Daging Buaya dan Ular dianggap memiliki khasiat dan manfaat untuk kesehatan.

Misalnya daging Buaya bermanfaat untuk mempercepat pemulihan luka sobek, bisa mempercepat luka menjadi kering.

"Kalau ada luka yang basah, bisa cepat kering. Bisa juga untuk obat alergi dan cegah infeksi. Daging Ular manfaatnya bisa membersihkan darah, menghaluskan kulit dan menghilangkan flek dan jerawat," ujar Melisa, belum lama ini.

Daging Ular juga memiliki banyak manfaat lainnya. Konon mengkonsumsi daging Ular dapat mengobati alergi, tekanan darah tinggi, stroke dan kanker. Selain itu, juga dipercaya mengobati impotensi dan meningkatkan dan memperkuat gairah seksual.

Penasaran? Kuliner ekstrem sop Ular ini hanya dibanderol Rp 50.000. Penyajian Sop Ular, lanjut Melisa, daging disuwir-suwir (disobek atau disayat-sayat) diberikan jahe dan ditambah bumbu ramuan tradisonal Cina yang berbentuk seperti biji semangka.

Untuk kuah sop, bisa ditambahkan garam secukupnya dan ditambah cabai atau sambal. Maknyusss...

Kalau ingin coba Sate Buaya, Anda harus merogoh kocek biaya Rp 7.000/pertusuk. Penyajian sate daging Buaya tidak jauh berbeda dengan jenis sate Ayam dan Kambing, hanya saja, rasa daging Buaya seratnya lebih terasa.


Daging dibakar seperti biasa, diberi bumbu kecap dan bawang putih ditambah garam. Dilengkapi bumbu kacang dan lalapan mentimun, tomat serta brokoli.

Selain sate Buaya, Melisa juga menawarkan menu Rica rica Buaya. Rica rica merpakan bumbu khas Manado.

Bumbu yang satu ini cocok untuk yang suka masakan pedas. Rica rica dibuat dengan menggunakan banyak cabai, bawang merah-putih, tomat dan jahe.

Masakan Rica rica khas Manado ini memiliki citarasa yang sangat pedas dan kaya aroma rempah-rempah pada bumbunya.

Rempah-rempah yang digunakan tidak hanya untuk memberikan aroma harum saja akan tetapi juga memberikan sensasi pedas dan panas pada masakan.

Depot Harmoni juga menjual dalam minyak Buaya, Bulus dan Ular. Manfaatnya seperti untuk meningkatkan stamina, bersihkan darah, mengobati penyakit kulit. Minyak dari binatang jenis reptil ini dijual seharga Rp 150 ribu/botol.

Suasana di Depot Harmoni, Jalan Mulawarman No 33, Kelurahan Pelabuhan, Kecamatan samarinda Kota, Kaltim. (Tribun Kalatim/Budhi Hartono)

Depot Harmoni;
* Alamat Jalan Mulawarman No 33 Kelurahan Pelabuhan, Kecamatan Samarinda Kota, Provinsi Kaltim
* Sate Buaya Rp 7000/tusuk
* Sop Ular Rp 50.000/porsi
* Minyak Buaya, Bulus dan Ular Rp 150.000/botol
* Buka jam 9.00-15.00 wita dan Jam 18.00-22.30 wita malam.
* Terima pesanan: Telp :0541741825.