Jumat, 10 April 2015

Pendaftaran Beasiswa Australia Awards hingga 30 April!

Letaknya yang cukup dekat dengan Indonesia menjadikan Australia salah satu negara favorit tujuan studi siswa Tanah Air. Enggak cuma itu, Pemerintah Australia juga memberikan banyak beasiswa kepada pelajar internasional, salah satunya Australia Awards Scholarship (AAS) yang pendaftarannya dibuka hingga 30 April.

Selama lebih dari 60 tahun, Pemerintah Negeri Kanguru memberikan beasiswa kepada ribuan pelajar dari penjuru dunia. Tahun ini, AAS akan difokuskan kepada pelajar dari Aceh, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Papua Barat. Mereka berkesempatan meraih beasiswa pascasarjana di lembaga pendidikan tinggi Australia.

Pemerintah Australia menetapkan empat bidang studi prioritas bagi pelamar dari Indonesia. Secara rinci, bidang studi prioritas yang dapat dipilih adalah:

- Pertumbuhan yang berkelanjutan dan manajemen ekonomi;

- Demokrasi, keadilan, dan pemerintahan yang baik;

- Investasi untuk pembangunan manusia; serta

- Keamanan dan kedamaian.

Untuk mendaftar beasiswa ini, pelamar harus memiliki ijazah S-1 atau S-2 dan berusia maksimal 42 tahun. Pelamar S-2 harus memiliki nilai minimal paper based TOEFL 500 atau internet based TOEFL minimal 59 atau minimal 5,0 untuk IELTS. Sedangkan pelamar S-3 harus mengantongi skor minimal 550 untuk paper based TOEFL atau minimal 79 untuk internet based TOEFL atau 6,0 untuk IELTS.

Jika diterima sebagai penerima beasiswa, maka fasilitas yang akan didapat adalah:

- Prakursus bahasa Inggris di Indonesia;

- Tunjangan hidup di Indonesia selama pelatihan;

- Biaya-biaya pemeriksaan medis dan rontgen;

- Dana penunjang di awal masa perkuliahan;

- Biaya pendidikan penuh di Australia;

- Biaya hidup selama di Australia;

- Program pengenalan akademis di Australia sebelum dilaksanakan perkuliahan;

- Asuransi kesehatan mahasiswa luar negeri selama masa studi di Australia;

- Bantuan tutorial tambahan jika diperlukan;

- Biaya tiket perjalanan kelas ekonomi saat keberangkatan ke Australia pada awal studi, kepulangan ke Indonesia saat akhir studi, serta perjalanan saat reuni keluarga; serta

- Penelitian lapangan di Indonesia atau di Australia.

Pendaftaran AAS untuk tahun ini ditutup pada 30 April. Sedangkan pengumuman penerimanya akan diumumkan pada Desember 2015.

Informasi lengkap bisa disimak di laman Australia Awards Indonesia.