Rabu, 22 April 2015

5 Pertanyaan Super Sulit yang Diberikan ke Calon Pegawai Facebook

Facebook adalah salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia yang paling diidamkan para pencari kerja. Sebab, selain gaji teramat layak yang akan didapat, tentu akan keren sekali jika seseorang menjadi karyawan Facebook.

Oleh karena itu, tak mengherankan jika Facebook melakukan seleksi ketat dalam merekrut karyawannya. Salah satu caranya adalah dengan melontarkan pertanyaan-pertanyaan sulit dalam wawancara terhadap pelamar kerja.

Lansiran situs Glassdoor, berikut ini adalah pertanyaan paling sulit yang biasa diberikan kepada para calon karyawan Facebook, khususnya mereka yang akan ditempatkan di divisi pemrograman.

Soal bola lampu dan gedung 100 lantai

"Anda diberi dua buah bola lampu dan di hadapan Anda ada sebuah gedung setinggi 100 lantai," kata seorang pewawancara kepada pelamar kerja.

"Cari tahu, di lantai berapakah kedua bola lampu tersebut akan pecah ketika dijatuhkan?"

Hujan atau tidak sih?

"Anda akan naik pesawat ke Seattle. Anda ingin tahu apakah Anda harus membawa payung ke sana."

Kemudian, Anda menelepon secara acak 3 teman Anda yang tinggal di Seatlle dan bertanya apakah sedang turun hujan di sana.

Masing-masing teman Anda punya peluang 2/3 untuk berkata jujur dan peluang 1/3 untuk berbohong pada Anda.

Ternyata, ketiga teman Anda itu mengatakan 'Ya' di sini sedang hujan. Berapa peluang bahwa memang benar sedang turun hujan di Seattle?"

Kejahatan yang amat terorganisir

"Anda berusaha merampok sejumlah rumah yang ada di sebuah jalan.

Di setiap rumah ada simpanan uang tunai. Tujuan Anda adalah untuk merampok sebanyak-banyaknya dari rumah-rumah tersebut.

Namun, ada sedikit hambatan. Ketika satu rumah dirampok, maka dua rumah yang ada di sampingnya tidak bisa dibobol. Lalu, bagaimana solusi Anda?"

Jumlah pengguna Facebook

"Kapan dan bagaimana caranya agar Facebook bisa memiliki 2 miliar pengguna?'

Sekilas, pertanyaan ini tampak seperti pertanyaan konyol, namun sebenarnya tidak. Awal tahun ini, Facebook mengklaim telah memiliki 1,4 miliar pengguna aktif bulanan.

Angka tersebut bisa dimanfaatkan untuk memprediksi kapan pengguna Facebook tembus 2 miliar.

Apakah Anda selalu berpakaian seperti itu?

Tidak semua pertanyaan melulu tentang matematika.

Salah seorang pelamar yang ingin masuk kantor pusat Facebook di California, Amerika Serikat, diberi pertanyaan aneh.

"Apakah Anda selalu berpakaian seperti itu?" tanya si pewawancara.

"Mereka ini (Facebook) melontarkan banyak pesan bermakna ganda," kata si pelamar.

"Facebook bilang saya harus mengenakan pakaian bisnis untuk wawancara, namun saya justru dikritik karena melakukan seperti yang diminta," lanjutnya.

Memang, si pelamar diterima kerja di Facebook. Namun, entah apa sebabnya, si pelamar membatalkan niatnya kerja di perusahaan Mark Zuckerberg tersebut. (Mirror/Glassdoor) -tempo.co-